::: OVERVIEW

Follow me on Academia.edu

  • Obat Kimia Herbal ; Miskonsepsi Istilah kimiawi
  • 2015-03-23 20:42
  • Oleh : Mahbub Alwathoni - Pengajar dan Peneliti Kimia Organologam

    Ada banyak orang yang belum mengetahui tentang konsep kimia secara benar, sehingga istilah kimia menjadi sesuatu yang berbahaya atau tidak baik. Lebih repot lagi kata kimia yang memiliki arti kurang baik/berbahaya ini disampaikan oleh dokter kepada pasiennya. entah, ini karena si dokter kurang tahu, atau karena si dokter punya proyek jualan obat herbal sehingga ikut memberikan persepsi negatif tentang kimia.

  • Pengantar Teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repulsion)
  • 2013-03-09 9:51
  • Media kimia flash VSEPR Theory Read more >>>

    Teori VSEPR diperkenalkan oleh Gillespie dan Nyholm pada tahun 1957 berdasarkan ide-ide yang dikemukakan oleh Sidgwick dan H.E. Powell.  Pada tahun 1940 Sidgwick dan Powell mengemukakan gagasan bahwa bentuk dari molekul-molekul sederhana, yaitu molekul-molekul yang atom pusatnya tidak memiliki pasangan elektron bebas (lone pair), dapat diramalkan berdasarkan jumlah ikatan atau banyaknya pasangan elektron ikatan yang terdapat disekitar atom pusatnya.  Molekul yang atom pusatnya memiliki empat ikatan berbentuk tetrahedral, misalnya CCl4 dan CH4 ; molekul yang atom pusatnya memiliki lima ikatan berbentuk trigonal bipiramidal (TBP) seperti PF5 dan PCl5 dan molekul yang atom pusatnya memiliki enam ikatan berbentuk oktahedral, misalnya SF6.

  • Perhitungan 10Dq Splitting Energi Senyawa Kompleks
  • 2013-03-09 9:47
  • 10Dq adalah harga yang menyatakan besarnya perbedaan tingkat energi antara dua kelompok orbital d yang mengalami pembelahan (splitting). 10Dq sangat penting dipelajari dalam studi senyawa-senyawa kompleks, karena dapat meramalkan kekuatan ligan, dan sifat kemagnetan bahan secara teoritis.  Pengukuran harga 10Dq suatu kompleks adalah cukup rumit jika orbital d terisi lebih dari satu elektron.  Pengukuran yang paling mudah adalah seperti pada kompleks [Ti(H2O)6]3+ dimana Ti memiliki 1 elektron pada orbital d-nya.

  • Interaksi Senyawa Kompleks antikanker dengan DNA
  • 2013-03-09 9:43
  • Obat antikanker adalah senyawa kemoterapi yang digunakan untuk pengobatan tumor yang membahayakan (kanker).  Obat antikanker sering dinamakan pula sebagai obat sitotoksik, sitostatik atau antineoplasma. Tumor adalah istilah umum untuk menunjukkan adanya ketidakormalan dari jaringan yang tidak membahayakan kehidupan.  Tumor terbentuk karena adanya mutasi pada biosintesis sel,  yaitu kekeliruan urutan DNA karena terpotong,  tersubstitusi atau ada pengaturan kembali,  adanya adisi dan integrasi bahan genetik virus kedalam gen dan adanya perubahan ekspresi genetik (Farrell, 1999). Tumor yang membahayakan (malignant tumor) disebut sebagai kanker,  sedangkan penyebab kanker disebut karsinogen (Siswandono dan Soekardjo, 2000).

Prediksi UN SMA MA SMK kimia fisika matematika biologi 2014 kunci jawaban UN SMA 2014 media pembelajaran kimia fisika matematika media inkuiri SMA MA SMK kumpulan soal soal UN 2014 download gratis man model singkawang singkawang man model prediksi soal UN kimia 2014 media kimia kumpulan media kimia download software kimia SMA MA SMK kimia prediksi soal ujian nasional UN kimia fisika matematika bahasa inggris SMA MA SMK media kimia flash media kimia flash tatanama senyawa kompleks sifat koligatif larutan swf pdf golongan transisi periode 4 swf pdf yatpi godong yatpi godong yatpi godong purwodadi percepat komputer laptop kumpulan rumus fisika kimia matematika man model singkawang man model singkawang prediksi soal CPNS  tanya jawab kimia online belajar kimia online belajar fisika online konsultasi kimia free Soal UN Kimia fisika matematika SMA MA SMK 2014